Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerja
Ilmu Komunikasi (Ilkom) merupakan salah satu satu jurusan ilmu sosial yang ada di universitas. Bagi Anda yang tertarik bekerja di bidang televisi, radio, media dan hubungan masyarakat, jurusan Ilmu Komunikasi bisa menjadi pilihan. Faktor lainnya seperti karena trend dan teknologi terus berkembang, begitu pula kurikulum dan penyampaian kuliah komunikasi, maka ilmu ini tidak ada habisnya.
Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi?
Jurusan komunikasi merupakan ilmu yang mempelajarinya pesan secara efektif dari pemberi pesan agar sampai kepada penerima pesan melalui berbagai platform. Di jurusan ini kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial. Dari ilmu komunikasi ini akan berkembang menjadi beberapa konsentrasi studi seperti Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Periklanan (Advertising), Performing Arts Communication, Manajemen Komunikasi, dan sebagainya. Saat kamu masuk ke prodi Ilmu Komunikasi, biasanya kamu akan diarahkan untuk mengambil peminatan.
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lulusan Ilmu Komunikasi mengajarkan berbagai analisis dan berpikir kreatif. Mahasiswa juga belajar merencanakan, mengatur, serta melaksanakan proyek dan program.
Berikut 10 prospek kerja terbaik berdasarkan kemampuan dan keahlian untuk jurusan ilmu komunikasi:
1. Humas dan Public Relations (PR)
Lulusan ilmu komunikasi memiliki kemampuan untuk berpikir strategis. PR dan humas memiliki posisi bagaimana mempengaruhi persepsi publik melalui media. Profesional PR membuat siaran pers, mengatur konferensi pers, dan bekerjasama dengan media untuk pemberitaan. Humas dan PR dibutuhkan di bagian pemasaran (marketing), biro iklan, lembaga pemerintah, perusahaan, dan organisasi nirlaba.
2. Reporter
Reporter merupakan salah satu prospek kerja yang sering menjadi incaran bagi lulusan ilmu komunikasi. Reporter merupakan para spesialis yang bertugas untuk mencari berita dan mendeskripsikannya dalam media seperti koran, majalah, radio, atau televisi. Mereka juga bertugas untuk melakukan peliputan berita di lapangan dan kemudian melaporkannya kepada publik melalui live report di TV atau media streaming lainnya.
3. Copywriter
Copywriter adalah seseorang yang melakukan tugas copywriting, yaitu menulis teks iklan atau pemasaran, yang nantinya akan dipublikasikan melalui berbagai macam saluran. Hampir seluruh perusahaan membutuhkan copywriter.
4. Content Creator
Content creator menjadi salah satu pekerjaan yang cukup diminati pada saat ini. Sederhananya content creator adalah seseorang yang membuat atau memproduksi konten dengan berbagai bentuk seperti, foto, video, film pendek, hingga karya seni lainnya. Salah satu kelebihan content creator adalah mereka dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan konten mereka.
5. Announcer dan Presenter
Kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan baik dan menarik perhatian audiens yang besar adalah bagian wajib dari studi sarjana komunikasi. Keterampilan ini juga sangat diperlukan untuk menjadi seorang penyiar atau pembawa acara radio, pembawa acara TV, serta untuk acara olahraga, berita resmi, gosip, dll. Lulusan komunikasi harus selalu berbicara dengan baik untuk mengekspresikan tujuan dan sasaran mereka secara efektif. Hal ini membuat broadcasting atau penyiaran menjadi target peluang kerja yang cocok bagi lulusan Ilmu Komunikasi.
6. Perencanaan Acara (Event Planner)
Pekerjaan ini membutuhkan kelompok untuk mempromosikan dan membuat tema menarik. Tujuannya membuat suatu acara sukses dan menarik banyak orang. Jurusan Ilkom bisa memberikan kontribusi dalam kelompok untuk mengemas acara menjadi menarik. Selain itu, lulusan ini memiliki keterampilan, pertimbangan, dan proses untuk membuat acara bisa sukses. Kemampuan lain yang dibutuhkan adalah keterampilan menulis, menyusun siaran pers dan membuat konten menarik.
7. Customer Service
Prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya adalah menjadi perwakilan customer service dari suatu brand. Seorang lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti pekerjaan ini harus memiliki kesabaran yang tinggi karena setiap harinya harus menghadapi keluhan para pelanggan. Selain itu seorang perwakilan layanan konsumen harus senantiasa memiliki sikap positif terhadap segala masalah. Tidak lupa, seorang perwakilan layanan konsumen harus mampu membuat setiap pelanggan yang mengajukan komplain merasa dihargai.
8. Program Director
Masih dalam sektor media, prospek kerja menjanjikan untuk lulusan jurusan ilmu komunikasi lainnya adalah program director. Program director bertugas mendireksi program dalam media. Program director harus memiliki kesadaran, berinovasi, dan beradaptasi akan tren yang berlangsung di publik. Ilmu broadcasting yang sudah kamu pelajari selama kuliah akan sangat dibutuhkan jika kamu mau menjadi seorang program director.
9. Master of Ceremony (MC)
Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsur komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang dipelajari dalam studinya.
10. Staf HRD
Tak hanya lulusan psikologi yang bisa menjadi staf HRD. Sejatinya, prospek kerja ini juga dapat ditekuni oleh para lulusan ilmu komunikasi. Menurut The Balances Careers, staf HRD bertanggung jawab sebagai fungsi komunikasi intensif utama dalam organisasi.Mereka umumnya ditugaskan untuk mengarahkan karyawan baru, mengembangkan program pelatihan, menyampaikan kebijakan kepada staf, dan membuat buletin karyawan.