Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran atau yang sering disebut marketing management merupakan salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua bisnis. Marketing management ini menyangkut produk atau jasa agar lebih dikenal konsumen. Oleh sebab itu, pihak perusahaan harus mengerti diskursus lengkap terkait management marketing ini.
Sebuah pemasaran memiliki tujuan untuk menghasilkan laba dengan cara melayani konsumen dengan menyediakan produk / jasa yang mereka butuhkan. Pemasaran merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis perusahaaan untuk mencapai kesuksesan nya. Sebuah konsep pemasaran harus dibuat dengan memperhatikan 3 faktor berikut:
- Perencanaan harus berorientasi pada konsumen/pelanggan
- Keuntungan perusahaan harus menjadi tujuan dari suatu volume penjualan
- Seluruh kegiatan pemasaran harus saling terintegrasi dengan semua bidang kegiatan di perusahaan
Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran (marketing management) merupakan analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian atas program-program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional atau tujuan-tujuan perusahaan.
Konsep Dasar Manajemen Pemasaran
5 Konsep Dasar dalam Manajemen Pemasaran :
- Penentuan Produk
Dalam penentuan produk untuk perencanaan pemasaran, kita harus mengerti produk apakah, bagaimanakah yang harus kita hasilkan. Berdasarkan segmentasi pasar yang kita punya kita harus bisa menentukan apakah, bagaimanakah produk yang akan kita hasilkan, bagaimana bentuknya, bagaimana kemasan nya, desain kemasan nya serta melakukan split testing atau pengujian terpisah untuk menentukan produk seperti apa yang sebenarnya diinginkan pasar. - Penentuan Harga
Manajemen pemasaran dalam penentuan harga mewajibkan kita untuk bisa menentukan harga baik secara perhitungan matang untuk produksi barang dan penyesuaian harga nya dengan pesaing bagaimana produk kita dengan kualitas yang lebih baik mampu memiliki harga yang kompetitif. Selain itu manajemen penentuan harga juga perlu memperhatikan 3 lingkungan rantai suplai yaitu produsen, agen atau reseller hingga ke konsumen. - Penentuan Pasar dan Segmentasi
Sebuah bisnis atau perusahaan harus memiliki sebuah segmen pasar yang sesuai dengan produk / jasa mereka. Karena pasar itu sendiri memiliki cakupan yang luas, maka dengan mempelajari demografi baik secara tingkat ekonomi, umur, gender dan lainnya sebuah bisnis harusnya mampu menentukan segmen pasar yang mana yang cocok untuk ditarget. - Manajemen Distribusi
Dalam proses perencanaan dan manajemen distribusi tentu sangat perlu diperhatikan bagaimana kepuasan 3 lingkungan distribusi itu sendiri yaitu produsen, agen/reseller hingga ke konsumen. Sebuah bisnis harus mampu menentukan cara yang tepat paling efektif dan efisien yang harus dilakukan dalam sebuah rantai distribusi produk / jasa nya. - Manajemen Promosi
Dalam proses promosi harus dilakukan secara tepat, karena di saat ini lah sebuah bisnis membangun sebuah opini atau posisi persepsi pasar terhadap produk / jasa yang dijual. Proses ini meliputi publikasi, pendekatan ke pasar, menjaga relasi, kerjasama media pendukung serta penjualan langsung. Proses ini merupakan ujung tombak dari proses manajemen pemasaran yang mampu menentukan strategi serta perencanaan yang telah dibuat sudah tepat atau tidak.
Tujuan Manajemen Pemasaran
1. Menciptakan Demand atau Permintaan
Tujuan manajemen pemasaran salah satunya adalah menciptakan permintaan (demand) melalui berbagai cara. Membuat cara yang berhubungan untuk mengetahui selera konsumen dan preferensi konsumen terhadap barang atau jasa yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2. Meningkatkan Keuntungan
Tim pemasaran merupakan satu-satunya tim yang menghasilkan pendapatan untuk perusahaan. Keuntungan yang cukup harus diperoleh sebagai hasil dari penjualan barang atau jasa yang ingin memuaskan. Apabila perusahaan tidak menghasilkan keuntungan, maka perusahaan tersebut tidak akan mampu bertahan.
3. Menciptakan Pelanggan Baru
Perusahaan didirikan untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan. Oleh sebab itu, konsumen adalah dasar dari sebuah bisnis perusahaan. Konsumen lah yang memberikan pendapatan kepada perusahaan dan menentukan apa yang akan dijual perusahaan. Menciptakan konsumen baru itu artinya mengeksplorasi dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih luas.
4. Memuaskan Pelanggan
Perusahaan harus mengembangkan dan mendistribusikan produk (barang atau jasa) yang memenuhi ekspektasi pelanggan untuk memberikan kepuasan. Jika konsumen tidak puas, maka bisnis tidak akan dapat menghasilkan pendapatan untuk memenuhi biaya dan untuk mendapatkan pengembalian modal yang wajar.
5. Mencitrakan Produk yang Baik di Mata Publik
Membangun citra produk yang baik di masyarakat menjadi tujuan manajemen pemasaran lainnya. Apabila tim pemasaran menyediakan barang dan jasa berkualitas kepada konsumen dengan harga yang wajar, tentu akan menciptakan citra yang baik pada konsumen.