MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

 

 

Akreditasi  “B”

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Nomor: 036/BAN-PT/Ak-IX/S2/II/2012

TANGGAL 03 FEBRUARI 2012

 

 

Pendahuluan

Perkembangan teknologi komunikasi serta iklim demokratisasi di Indonesia saat ini juga menjadi “preseden” positif bagi pengembangan disiplin ilmu komunikasi. Saat ini media surat kabar, majalah, radio dan televisi telah menjadi industri yang tidak saja berperan dalam diseminasi informasi tetapi juga dalam aspek ekonomi. Pertumbuhan ini jelas menuntut sumber daya manusia yang mampu menjadi pemikir, perancang, pelaksana maupun operator lapangan dalam proses penyusunan pesan. Intinya, sumber daya manusia yang memahami proses komunikasi sebagai sistem pendukung pembangunan mutlak diperlukan.

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIKom) Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang didirikan berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor:1349/D/T/2009, Tanggal 10 Agustus 2009 dan telah terakreditasi “B” dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 036/BAN-PT/Ak-IX/S2/II2012 menitikberatkan pengembangan pada penyelenggaraan pendidikan Ilmu Komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar, sebagai pusat studi yang mampu menghasilkan lulusan MIKom dengan kualifikasi kemampuan Intelektual yang profesional di bidangnya.

Pembukaan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi di dalam pengembangan SDM untuk menghasilkan lulusan dengan gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom) yang memiliki kompetensi akademik, keahlian dan keterampilan khusus untuk memangku jabatan di birokrasi/pemerintahan yang berfungsi sebagai pelayan masyarakat, sebagai aktivis ormas/lembaga swadaya masyarakat(LSM), dan bidang lainnya dimasa yang akan datang.

 

Visi

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi sebagai pusat keunggulan bidang Komunikasi dalam membangun peradaban bangsa serta dapat mengembangkan ilmu manajemen dan teknologi dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Komunikasi berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan pengembangan penelitian bidang komunikasi dengan integritas yang tinggi dalam pengembangan masyarakat yang utama berdasarkan Al-Islam dan Kem
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban bangsa berdasarkan Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan.

 

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berperan aktif dalam masyarakat dan dunia usaha sesuai dengan bidang komunikasi, baik di tingkat regional, nasional dan internasional.
  2. Menciptakan suasana akademik yang memungkinkan tumbuhnya pemikiran yang kritis, inovatif, kreatif dari kalangan sivitas akademika sehingga dihasilkan riset dan produk di bidang komunikasi yang dapat menjadi rujukan kalangan akademisi nasional maupun internasional.
  3. Mengembangkan manajemen Program studi komunikasi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta dari dalam dan luar negeri, bidang akademik maupun non akademik.