MAGISTER ILMU HUKUM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

 

PERINGKAT AKREDITASI “B”

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BNPT)

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Nomor: 425/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2014 Tanggal 24 Oktober  2014

 

Pengaruh perkembangan lingkungan strategis di bidang pembangunan hukum Nasional menuntut adanya pengembangan sumber daya manusia yang memliki kualifikasi keahlian di bidang hukum. Disamping itu semakin tingginya kebutuhan pengembangan keahlian di bidang hukum bagi praktisi hukum, maka Program Studi Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara telah melakukan terobosan-terobosan kreatif untuk mengharmonisasikan kebutuhan-kebutuhan di bidang hukum dengan tuntutan akademik agar terjawab kebutuhan yang dimaksud. Harmonisasi juga diselaraskan dengan Visi dan Misi Program Studi Ilmu Hukum.

Program Studi Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Muhammadiya Sumatera Utara yang didirikan berdasarkan Sk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 1039/D/T/2004 Tangga 27 Februari 2004 menitik beratkan pada penyelenggaraan pendidikan Ilmu Hukum yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang terus berkembang dengan pesat, sebagai pusat studi yang mampu menghasilkan lulusan Hukum dengan kualifikasi kemampuan Intelektual dan profesional di bidangnya.

 

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam penyelenggaraan dan pengembangan Ilmu Hukum berdasarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan pada Tahun 2018.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  2. Menyelengarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pengembangan berdasarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

 

Tujuan

 

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas tinggi dalam pengembangan disiplin ilmu hukum berdasarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  2. Menghasilakn lulusan dengan kemampuan menerapkan ilmu hukum secara ilmiah dalam memecahkan persoalan yang timbul dalam masyarakat dan kebutuhan hukum serta menghadapi persaingan secara kompetitif dibidang hukum yang dilandasi Al-Islam Kemuhammadiyahan.