October 10 2016 0comment
agussani2

Rektor Ajak Media Wujudkan Visi UMSU 2033

Tantangan perguruan tinggi di Indonesia semakin berat, seiring dengan semakin gencarnya perguruan tinggi luar negeri melakukan promosi di tanah air, khususnya di Sumatera Utara. Terkait hal itu, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) telah mengantisipasinya dengan meningkatkan tata kelola dan telah mempersiapkan roadmap atau visi 2033, yakni menjadikan UMSU sebagai universitas berkelas internasional.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dalam acara Coffee Morning dengan 40 wartawan unit pendidikan di Aula Kampus Jalan Kapt. Mukhtar Basri, Jumat (30/9), mengatakan meski tantangan sudah di depan mata, justru membuat UMSU semakin siap bersaing dengan perguruan tinggi asing. “UMSU memang harus semakin siap menghadapi persaingan,” kata rektor di hadapan wartawan cetak dan elektronik. Pada kesempatan itu, rektor didampingi Wakil Rektor II Akrim, M,Pd, Kepala Humas UMSU Ribut Priadi, M.I.Kom dan staf protokoler.

Menurut Rektor Dr Agussani, dalam upaya menghadapi tantangan dan persaingan, tentu membutuhkan keterlibatan rekan-rekan media dalam memberikan informasi yang mendidik dan mencerahkan masyarakat yang pada akhirnya akan melahirkan kepercayaan masyarakat pada UMSU. Selain melakukan pembenahan dan tata kelola yang baik, rektor mengatakan, peran serta media tidak dapat dipungkiri telah memberi pengaruh luar biasa terhadap perkembangan universitas milik persyarikatan Muhammadiyah ini, hingga universitas ini menjadi populer di Sumatera Utara. Kerjasama yang positif dengan media ini bukan tanpa sejarah, melainkan telah terbangun sejak tujuh generasi (rektor) sampai sekarang. Atas dasar itu, rektor mengajak insan pers untuk sama-sama mewujudkan UMSU sebagai universitas berkelas internasional, apalagi banyak alumni UMSU yang bekerja di media.

Rektor berharap alumni yang bekerja di media terus mengasah kemampuan dan meningkatkan profesionalitas dalam melakukan aktivitas jurnalismenya. Rektor yakin peran media yang positif selama ini tidak terlepas dari karya jurnalistik dari para alumi. Untuk mewujudkan visi UMSU, lanjutnya, karya jurnalistik yang inovatif sangat dibutuhkan seperti memberikan informasi kepada masyarakat tentang prestasi mahasiswa baik di bidang akademik maupun kreativitas lainnya. Begitu juga pada dosen yang melakukan inovasi dalam penelitian dan meraih beasiswa internasional. Seiring dengan peran media, UMSU saat ini telah mempersiapkan sarana dan prasarana termasuk lahan untuk kampus terpadu serta 1.000 dosen tetap, agar perguruan tinggi ini tetap menjadi incaran bagi masyarakat untuk melanjutkan studi. UMSU telah memiliki 54 doktor dan 3 profesor. Saat ini ada 25 dosen akan pulang dari studi doktornya. Dewasa ini tuntutan masyarakat kepada perguruan tinggi semakin hari semakin tinggi terutama dalam hal menciptakan lulusan yang siap pakai dan memiliki daya saing tinggi sehingga tidak tercipta lagi pengangguran terdidik. UMSU telah menyahutinya dengan perbaikan manajemen secara berkesinambungan.

Sebelumnya, pada kesempatan Coffee Morning, Kabag Humas UMSU Ribut Priadi, M.I.Kom mengatakan Coffee Morning ini diadakan untuk membangun kebersamaan dengan para wartawan untuk mewujudkan Visi UMSU. Universitas ini tidak lagi berjalan tetapi sudah berlari untuk meraih visi tersebut. Visi besar membutuhkan tenaga yang besar pula yang harus melibatkan peran wartawan yang selama ini menjadi mitra Humas. Coffee morning ini menjadi sejarah di UMSU karena mengundang hampir 40 wartawan unit pendidikan

Sementara itu Zulardy, koordinator wartawan unit pendidikan, mengapresiasi Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengadakan Coffee Morning dengan wartawan. Ini membuktikan UMSU memahami arti penting jurnalisme dalam membangun sebuah peradaban dalam dunia pendidikan terutama di UMSU. Tidak heran kalau UMSU menjadi universitas favorit di Sumut karena rektornya juga mau membuka diri dan bersilaturahim dengan wartawan. Selain itu, keberadaan Humas sangat membantu kerja para wartawan.

Turut hadir Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi dan Sekretaris Risky Cahyadi. Kehadiran PFI juga dalam rangka audiensi dan mengupayakan kerjasama pendidikan bidang fotografi dengan UMSU.***

riza

Write a Reply or Comment