August 04 2016 0comment
imtgt2016

UMSU Kirim 71 Orang ke IMT-GT

Rektor UMSU Dr Agussa­ni, MAP melepas keberangk­atan 71 orang yang akan berla­ga pada Karnaval Indonesia Ma­laysia Thailand Growth Tri­­angle (IMT-GT) Ke-18 yang berlangsung di Ra­ja Man­dala University Sot­klang, Thailand pada 27-30 Juli.

Acara melepas kon­tingen di­lakukan di Ge­dung Pasca­sar­jana UMSU Jalan Denai Medan, Jumat (22/7).

Turut hadir Wakil Rektor III Rudianto, M,Si sekaligus Ketua Kontingen, Ke­pa­la Biro Kemahasiswaan Ra­diman, pa­ra pimpinan fakultas serta staf ahli rektor sebagai ofi­sial.

Pelepasan kontingen ditan­dai dengan penyerahan bende­ra UMSU sebagai pataka oleh Rektor Dr Agussani ke­pada Ke­tua Kontingen Rudi­anto, MSi dalam satu prosesi yang disaksikan seluruh kon­tingen.

Dalam sambutannya, Rek­tor Dr Agussani mengatakan UMSU tidak pernah absen da­lam perhelatan IMT-GT dan me­ngukir prestasi yang ge­mi­lang setiap perhelatan ini. Ten­tunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi UMSU, apalagi se­jak adanya even antar pergu­ruan tinggi Indonesia, Malaysia dan Thailand tidak pernah menambah kepesertaan dari perguruan tinggi untuk serta merta ikut perhelatan interna­sional ini.

“Tentu kita tidak tahu ba­gai­­­mana syarat yang harus di­pe­­nuhi oleh perguruan tinggi un­tuk ikut bergabung dalam IMT-GT. Namun, bagi UMSU patut berbangga bisa ikut di dalamnya dan sudah berjalan 17 tahun lamanya,” kata rektor.

Keterlibatan UMSU ke da­lam kegiatan IMT-GT sudah dimulai sejak kepemimpinan Rektor Dalmi Iskandar, namun baru lima tahun belakangan ini, UMSU yang diki­rim semakin ber­tambah seperti tahun ini me­ngirimkan 71 orang termasuk ofi­sial.

UM­SU telah menjadikan perhela­tan ini menjadi program pokok karena tidak hanya mem­besar­kan bangsa dan ne­gara tetapi untuk membesarkan nama lem­­baga perguruan ting­gi ini. Dari 162 Perguruan Ting­gi Mu­ham­madiyah (PTM), be­gitu juga UMSU yang mewa­kili Sumut ikut da­lam event interna­sional ini.

Keak­tifan UMSU dalam event IMT-GT tidak terlepas dari tuntutan perguruan tinggi yang harus membangun ja­ringan dengan perguruan ting­gi tidak hanya level nasional tetapi juga inter­nasional.

Rektor Dr Agussani berha­rap mahasiswa sebagai duta yang akan bertanding di Thailand agar senantiasa menjaga nama baik Indonesia khusus­nya UMSU. Apalagi UMSU te­lah membangun kerjasama dalam bentuk MoU dengan universitas tuan rumah dalam bidang akademik dan per­tu­karan dosen serta mahasis­wa.

Sementara itu Ketua Kon­tingen UMSU Rudianto, MSi melaporkan mahasiswa UM­SU beberapa kali berhasil men­catatkan prestasi pada event ini.

Ini merupakan bentuk ker­jasama dalam bidang budaya dan seminar akademik yang melibatkan tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand. Selain festival budaya dan seminar akademik, juga di­kom­petisikan berbagai ca­bang olahraga seperti sepak bola, voli pantai dan bulutang­kis.

Kegiatan IMT-GT ini me­rupakan kegiatan rutin dua ta­hunan dan UMSU merupakan PTS di Sumut aktif mengikuti even ini setiap tahunnya. “Ka­mi sudah persiapkan secara ma­tang, latihan aktif secara kon­tinu agar pelaksanaan IMT-GT di Thailand ini dapat merebut prestasi semua cabang olahraga yang dikompetisikan dan fes­tival budaya,” katanya.***

adminpasca

Write a Reply or Comment