August 04 2016 0comment
lptk

Rakernas LPTK PT Muhammadiyah Se-Indonesia Dibuka

Gubsu HT Erry Nuradi menegaskan Perguruan Tinggi Muhammadiyah khususnya  UMSU telah memberikan kontribusi dalam mencerdaskan masyarakat Sumatera Utara dan Indonesia. Untuk itu Gubsu berharap PTM agar terus meningkatkan mutu SDM dan tata kelola perguruan tinggi sehingga lulusannya  berdaya saing tinggi.

Hal itu disampaikan Gubsu diwakili Sekdaprovsu Hasban Ritonga pada acara pembukaan Rakernas Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Se-Indonesia di Hotel Garuda Plaza Medan, Selasa (2/8).  Tahun ini UMSU sebagai tuan rumah pelaksana bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Selain Rakernas juga diadakan Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan yang berakhir pada 4 Agustus nanti.

Pada acara ini hadir Rektor UMSU Dr Agussani, M.AP, Wakil Rektor Dr Muhammad Arifin Gultom, Akrim, M.Pdi, Rudianto, M.Si, para pimpinan fakultas, pimpinan lembaga,  ibu-ibu Aisyiyyah, unsur Pimpinan Muhammadiyah daerah dan wilayah. Turut hadir Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad, Bendahara PP Muhammadiyah Prof Dr Siyah Suyatno, M.Pd, Ketua Asosiasi LPTK PTM Prof Harun Joko Prayitno serta 230 perwakilan dari 176 PTM se- Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Lebih lanjut Gubsu mengatakan Sumut patut berbangga karena menurut catatan Pemprovsu, UMSU salah satu PTM yang masuk dalam 50 perguruan tinggi ternama dan terpopuler di Indonesia. Bahkan UMSU mampu berada di atas salah satu PTN di Sumut. “Ini tidak terlepas dari tangan dingin Pak Rektor Dr Agussani dan jajarannya dalam mengelola UMSU,” katanya yang disambut tepuk tangan peserta.
Gubsu berharap  PTM terus memberi sumbangan  dan berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan komitmen menjalankan Tridharma PT.  Dia berharap Rakernas LPTK dan seminar nasional pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan tenaga pendidik yang unggul.

Sebelumnya, Rektor Dr Agussani, M.AP dalam sambutannya mengatakan pengembangan dan peningkatan mutu LPTK sangat mendesak saat ini sehingga UMSU bersedia sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini. Dengan demikian UMSU  akan terus berusaha untuk mengambil peluang guna meningkatkan mutu pengelolaan SDM LPTK tentunya diperoleh dari hasil interaksi 176 PTM yang hadir dalam rakernas dan seminar ini. Rektor Dr Agussani mengatakan ada tren penurunan minat masyarakat  pada LPTK.Namun hal itu menjadi momentum untuk menyusun strategi dalam meningkatkan tata kelola LPTK yang lebih berkualitas melalui Rakernas ini.  “Kami siap bergabung dengan PTM yang punya LPTK yang punya LPTK yang sudah maju,”  ujarnya.

Rektor mengatakan saat ini UMSU memiliki 23.000 mahasiswa dan 525 dosen tetap. Jumlah mahasiswa LPTK terbesar kedua di UMSU. “Jadikan Rakernas ini memacu kualitas pendidikan,” ujarnya.
Sementara Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad mengatakan memuji UMSU yang bersedia menjadi tuan rumah Rakernas dan seminar nasional pendidikan ini. Dia berharap kegiatan ini dapat merumuskan gagasan yang inovatif untuk meningkatkan mutu LPTK Se-PTM yang saat ini masih membutuhkan pembenahan secara serius. Masih sedikit Prodi LPTK PTM yang berakreditasi A. Acara pembukaan dimeriahkan dengan peragaan regu tari  mahasiswa UMSU yang memperoleh juara 1 pada ajang IMTGT ke-18 di Thailand yang diikuti 17 perguruan tinggi Indonesia, Thailand dan Malaysia yang baru berakhir pada 31 Juli. Sekdaprovsu membuka rakernas dengan memukul gong didampingi rektor dan PP Muhammadiyah. Pada malamnya Gubsu menjamu makan makan malam 230 peserta Rakernas di rumah dinas Gubsu.***

adminpasca

Write a Reply or Comment